Sabtu, 29 Desember 2012

Andi Taufan Tiro, Politisi Muda yang Kreatif

ATT (Andi Taufan Tiro), politisi muda, wirausahawan, profesional, yang kini maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Bone (2013-2018), adalah putera asli kelahiran Bone, Sulawesi Selatan. Bersama Partai Amanat Nasional (PAN), jaringan pendukung, dan kekuatan politik lain, dirinya terus bekerja keras dan cerdas. Agar bisa lolos sebagai pemenang. Sokongan penuh juga berasal dari pendampingnya, Calon Wakil Bupati Kabupaten Bone, yaitu Andi Promal Pawi. Sungguh, dua nama ini, yang dikenal dengan inisial ATT-PRO, adalah energi besar dalam menggerakkan aneka perubahan di Bone. Karena menggabungkan dua kombinasi penting dalam menghela pembangunan, yaitu politisi-profesional dengan birokrat-pengabdi publik.

Andi Taufan Tiro
Saat ini, Andi Taufan Tiro tercatat sebagai Anggota DPR RI, Fraksi PAN. Beliau mengabdi di Komisi V DPR RI, yang membidangi infrastruktur, perumahan rakyat, perhubungan, BMKG, dan pembangunan daerah tertinggal.Sebelum menyandang status legislator (anggota DPR), Andi Taufan Tiro adalah pengusaha dan profesional muda. Kiprahnya berpijak di dua poros, yaitu di daerah (Makassar dan Bone) dan di pusat (Jakarta). Hingga itu, tak heran namanya beredar di mana-mana. Sosoknya pun dikenal sebagai wirausahawan muda yang ulet, tangguh, dan kreatif. Sejatinya, semua petik kemampuan yang ia raih, tak datang tiba-tiba. Melainkan berasal sedari muda.

Sejak masa belia, Andi Taufan Tiro dikenal sebagai anak yang suka belajar. Disiplin dalam menekuni ilmu. Meski sebagaimana anak-anak seusianya, ia juga terkenal bandel. Hingga itu, dikalangan sanak-saudara, ia tak selalu dipanggil dengan nama aslinya, melainkan juga dengan sebutan Anak yang nakal.

Berikutnya, di masa remaja dan muda, ketekunannya untuk belajar dan mencintai pengetahuan tak pernah bergeser. Anehnya, hal ini juga diikuti oleh kenakalannya yang kian menjadi. Ia terkenal sebagai pelajar yang “bergaul” di kalangan kelompok yang suka bikin onar. Tapi tentu, ada batas dan prinsip tertentu, yang tak pernah ia langgar. Misalnya, tak pernah berani mencederai amanat orang tua.

Masa pencarian jati diri itupun berlanjut ketika duduk di kursi perguruan tinggi. Kadar emosionalnya mulai sedikit matang, meski kiprah sebagai anak muda yang gaul tetap berlangsung. Namun satu hal yang di saat itu sudah jelas: ia mencintai ilmu-ilmu eksakta. Tak ayal, ia pun cukup mudah mengikuti aneka mata kuliah di Fakultas Teknik, di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

Melihat profil singkatnya itu, tak heran jika Andi Taufan Tiro kini berkibar sebagai politisi muda yang selalu menggerakkan aspirasi perubahan dan perbaikan. Lantaran ia memiliki latar keilmuan yang sepadan, juga perjalanan hidup yang keras penuh tantangan, serta jejak profesionalitasnya yang membutuhkan kecerdasan berkreasi.